Pages

Contoh Notulen Diskusi Kelompok



Pengaruh Mesin Pencari Google Bagi Pelajar

Internet merupakan salah satu dari perkembangan media massa yang memberikan pengaruh sangat luas dalam kehidupan manusia. Berbagai hal dapat diakses dengan mudahnya oleh siapapun dan dimanapun. Tak terkecuali bagi para pelajar. Di era ini tentu saja hal yang wajar apabila guru menugaskan para siswanya untuk belajar, mengerjakan PR maupun membuat makalah melalui internet. Lalu tugas para murid untuk mencari dan menggali informasi selengkap mungkin. Salah satunya yaitu melalui mesin pencari Google. Keberadaan mesin pencari seperti ini memang memberikan manfaat yang besar dalam dunia pendidikan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan metode yang demikian juga menimbulkan dampak negatif yang tidak kita sadari.

Segala informasi yang kita inginkan dapat kita cari hanya dengan mengisikan kata kunci di dalam kolom search Google dan langsung menampilkan banyak informasi dari berbagai macam website yang kita butuhkan. Sehingga cara seperti ini dianggap lebih efektif dan efisien serta mampu mencari hal – hal yang dulunya dianggap sulit untuk ditemukan jawabannya menjadi hal yang mudah. Namun sebagai pelajar alangkah baiknya apabila menggunakannya secara bijak. Tidak hanya meng-copy paste tanpa mengerti dan memahami isinya. Kita masih dapat mencari informasi – informasi melalui buku – buku pelajaran yang kita miliki dan tanpa kita sadari dapat meningkatkan keampuan kita dalam mencermati isi bacaan.

Intinya berbagai dampak dari pengaruh Google dalam dunia pendidikan masa kini harus dapat disikapi dengan arif dan bijak agar pelajar di masa kini dan masa mendatang dapat mengeluarkan segala bentuk pikirannya dalam mengerjakan tugas - tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen serta tidak hanya selalu tergantung pada mesin pencari jawaban seperti Google.

NOTULEN DISKUSI

Pengaruh Mesin Pencari Google Bagi Pelajar

Tema : Pengaruh Internet
Tempat diskusi : Ruang kelas XI IPA 4 SMA Bangsa Surabaya
Waktu diskusi : 11 Januari 2013 pukul 11.00
Moderator : Sheilla Novianti
Pembicara : Ghozali Anatola
Notulis : Indri Mega Sari
Jumlah peserta : 30 orang

Pokok – Pokok Isi Materi :
  • Internet merupakan salah satu dari perkembangan media massa yang memberikan pengaruh sangat luas dalam kehidupan manusia.
  • Google dianggap lebih efektif dan efisien karena menyediakan berbagai macam informasi.
  • Keberadaan mesin pencari Google memberikan manfaat yang besar dalam dunia pendidikan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan metode yang demikian juga menimbulkan dampak negatif yang tidak disadari.

Pokok – Pokok Isi Tanggapan :

Pertanyaan : Apa dampak positif Google ?
Jawab : Dampak positifnya adalah kita dapat mencari segala informasi yang kita butuhkan dan juga dapat mencari hal – hal yang dulunya dianggap sulit untuk ditemukan jawabannya menjadi hal yang mudah.

Pertanyaan : Apa dampak negatif Google ?
Jawab : Pelajar menjadi malas untuk membaca buku, mengurangi kemampuan Pelajar dalam menulis dan membaca, serta menginginkan segala sesuatunya tersedia tanpa bersusah payah.

Tanggapan : Google memang memiliki dampak yang luar biasa dalam dunia pendidikan. Selain memudahkan dalam proses kegiatan belajar mengajar, dari Google kita juga dapat mengetahui perkembangan zaman secara up to date. Akan tetapi Google juga memiliki dampak negatif yang dapat disalah gunakan oleh berbagai pihak. Untuk itu kita harus pandai – pandai menyikapi dalam menghadapi perkembangan teknologi dan informasi di zaman modern ini.

Kesimpulan:
Sebagai pelajar alangkah bijaknya jika kita tidak memanfaatkannya secara membabi buta hanya meng-copy paste informasi dari Google tanpa mengerti dan memahami isinya. Kita masih dapat mencari informasi – informasi tersebut melalui buku – buku pelajaran yang kita miliki dan tanpa kita sadari dapat meningkatkan kemampuan dan kemauan kita dalam membaca.


5 comments:

Entri Populer